Upacara Peringatan HUT BPK RI ke-71 di Perwakilan Provinsi Kepulauan Riau

Batam – Senin 15 Januari 2017 pukul 08.00 WIB, BPK Perwakilan Provinsi Kepulauan Riau menyelenggarakan upacara memperingati HUT BPK RI Ke-71 yang diikuti oleh seluruh pegawai. Upacara dilaksanakan di halaman Kantor BPK Perwakilan Provinsi Kepulauan Riau, dan bertindak sebagai Inspektur Upacara adalah Kepala Perwakilan, Joko Agus Setyono.

Peringatan HUT BPK ke-71 tahun 2017 ini mengangkat tema “BPK Merajut Kebersamaan”. Tema ini sangat relevan karena dengan kebersamaan, BPK dapat mengatasi semua tantangan dan hambatan dalam melaksanakan tugas untuk mewujudkan tujuan negara, yaitu masyarakat yang adil dan makmur.

Di usianya yang ke-71, BPK terus berbenah, memperbaiki diri dan berupaya keras melakukan perbaikan keuangan Negara melalui berbagai kegiatan. Dalam era reformasi, BPK mendapatkan dukungan konstitusional yang memperkuat kedudukan BPK sebagai satu-satunya lembaga pemeriksa yang independen dan professional. Hasil amandemen UUD 1945 dan dikeluarkannya paket tiga undang-undang tentang keuangan negara pada tahun 2003 dan 2004 memberikan kewenangan yang lebih kuat dan jelas kepada BPK.

Dalam pidato Ketua BPK RI yang dibacakan oleh Inspektur Upacara, disebutkan bahwa Pada usia 71 tahun, telah banyak sumbangan BPK bagi kemajuan negara dan bangsa kita. Peningkatan opini WTP pada LKPP, LKKL, dan LKPD merupakan kontribusi besar BPK dalam memperbaiki transparansi dan akuntabilitas pengelolaan keuangan negara. BPK juga terus mendorong penggunaan keuangan negara benar-benar ditujukan untuk pencapaian tujuan bernegara. BPK berkomitmen untuk selalu meningkatkan kualitas proses pemeriksaan dan laporan hasil pemeriksaannya serta terus memperbaiki diri dan meningkatkan kapasitasnya. Dengan demikian, diharapkan BPK dapat meningkatkan manfaatnya bagi masyarakat, bangsa, dan negara. (dsk)