Antisipasi Virus Corona, BPK Kepri Gelar Sosialisasi Kesehatan

Dr. Fajri Israq memberikan paparan

Batam – Untuk mengantisipasi kemungkinan penyebaran wabah Virus Corona di Indonesia, khususnya di lingkungan keluarga besar BPK Perwakilan Provinsi Kepulauan Riau, Subbagian Sumber Daya Manusia (SDM) BPK Kepri menyelenggarakan acara Sosialisasi Infeksi 2019-nCoV pada hari Senin, 3 Februari 2020, pukul 15.00 WIB. Virus Corona atau 2019 Novel Coronavirus adalah virus yang menyerang sistem pernapasan. Virus ini bisa menyebabkan gangguan pada sistem pernapasan, pneumonia akut, sampai kematian.

Acara yang digelar di Ruang Auditorium Lt.5 Gedung BPK Kepri tersebut menghadirkan Dr. Fajri Israq, M.A.R.S., Direktur RS Graha Hermine Batu Aji, Batam sebagai narasumber. Menurut penjelasan Dokter Fajri, begitu ia biasa disapa, Coronavirus adalah kumpulan virus yang bisa menginfeksi sistem pernapasan. Pada banyak kasus, virus ini hanya menyebabkan infeksi pernapasan ringan, seperti flu. Namun, virus ini juga bisa menyebabkan infeksi pernapasan berat, seperti pneumonia, Middle-East Respiratory Syndrome (MERS), dan Severe Acute Respiratory Syndrome (SARS). secara umum ada 3 gejala umum yang bisa menandakan seseorang terinfeksi virus Corona, yaitu: demam, batuk, dan sesak napas.

Oleh karena itu, bagi orang yang menemukan 3 gejala tersebut, sebaiknya segera mengunjungi dokter, klinik, puskesmas, atau rumah sakit terdekat untuk mendapatkan bantuan pengobatan, demikian Dokter Fajri menambahkan penjelasannya. Berdasarkan penelitian, gejala infeksi virus Corona muncul dalam 2 hari sampai 2 minggu setelah paparan virus Corona. Namun demikian, di akhir penjelasannya, Dokter Fajri menyampaikan bahwa masyarakat Indonesia pada dasarnya tidak perlu khawatir berlebihan, karena secara lokasi, Indoensia adalah Negara tropis yang kemungkinan besar virus-virus semacam ini (Corona, MERS ataupun SARS) akan sulit bertahan. Selain itu, dengan berupaya terus-menerus meningkatkan kekebalan dan vitalitas tubuh seseorang akan dapat menghindar dari kemungkinan terjangkiti virus ini.

Acara yang diikuti oleh seluruh pegawai dan para Pejabat di lingkungan BPK Kepri tersebut dimaksudkan untuk memberikan informasi, pengetahuan dan wawasan kepada para pegawai dan keluarganya agar bijak dan tepat dalam menyikapi fenomena mewabahnya virus Corona atau 2019-nCoV di seluruh dunia. (why)