Dishub Batam Bangun Dua Pelabuhan Bernilai Rp5,4 M

BATAM – Dinas Perhubungan Kota Batam, saat ini sedang mengerjakan pembangunan dua pelabuhan di pulau terluar di Batam.

Dijelaskan Kadishub Kota Batam, Yusfa Hendri, pembangunan tersebut menggunakan dana DAK Afirmasi, yang letaknya di Pulau Putri dan Pulau Subang Mas.

Dijelaskan Yusfa, pembangunan pelabuhan tersebut menyerap anggaran sekitar Rp5,4 miliar. Di Pulau Putri, pembangunan pelabuhan rakyat ini dibangun sepanjang 26 meter (panjang pelantar). Sedangkan di Subang Mas, sepanjang 170 meter.

“Ini program pengembangan pulau terluar. Di Pulau Putri, bisa digunakan untuk membantu pariwisata. Sedangkan di Subang Mas, untuk membantu aktivitas masyarakat yang notabenenya Nelayan,” papar Yusfa, Senin (14/8).

Sampai saat ini, pembangunan Pelabuhan di Pulau Putri sudah mencapai 38,61 persen. Sementara Subang Mas, sudah 27,78 persen. Rencananya, kedua pelabuhan ini ditargetkan selesai November tahun ini.

“Karena DAK November sudah tutup. Jadi harus digesa,” ungkapnya.

Selain membangun Pelabuhan, dana DAK Afirmasi juga mengadakan sarana angkutan penumpang dan barang, yakni 3 Speedboat yang akan melayani transportasi di Perairan Belakangpadang.

“Nanti kita pindahkan ke sana (Belakangpadang). Sekarang masih dalam pengerjaan,” kata Yusfa.

Anggaran yang dikeluarkan untuk 3 Speedboat ini tercatat sebesar Rp1,6 miliar. Proses tender, juga sudah dilakukan dan didapatkan pemenangnya. “Kita harapkan, ini mendukung kegiatan pariwisata. Karena di Pulau Putri juga sudah jadi destinasi wisata bahari,” ungkapnya.(iik)

Sumber: Posmetro.co