Kepala BPK Perwakilan Provinsi Kepulauan Riau Dorong Peningkatan Opini Pemerintah Kabupaten Lingga

IR1

DAIK (4/3) – Dalam kegiatan supervisi-nya kepada Tim Pemeriksaan BPK Perwakilan Provinsi Kepulauan Riau yang sedang melaksanakan Pemeriksaan Pendahuluan Laporan Keuangan Pemerintah Kabupaten Lingga Tahun Anggaran 2015, Kepala Badan Pemeriksa Keuangan Perwakilan Provinsi Kepulauan Riau, Isman Rudy, S.E, M.M juga melakukan pertemuan dengan Wakil Bupati Lingga, Sekretaris Daerah, dan seluruh Kepala SKPD di lingkungan Pemerintah Kabupaten Lingga. Pertemuan tersebut juga dihadiri oleh Tim Pemeriksaan Pendahuluan Laporan Keuangan Pemerintah Kabupaten Lingga Tahun Anggaran 2015, termasuk Wakil Penanggung Jawab dan Pengendali Teknis.

Pada pertemuan di ruang Aula Kantor Bupati Lingga tersebut, Isman Rudy yang juga berperan sebagai Penanggung Jawab Pemeriksaan tersebut, menjelaskan pentingnya Pemerintah Kabupaten Lingga untuk berkonsentrasi pada penyelesaian tindak lanjut hasil pemeriksaan terutama terhadap temuan pemeriksaan yang menjadi pengecualian dalam opini Laporan Keuangan Pemerintah Kabupaten Lingga.

Sebagaimana diketahui, opini BPK atas Laporan Keuangan Pemerintah Kabupaten Lingga sejak tahun 2006 adalah Wajar Dengan Pengecualian (WDP). Menurut Isman Rudy, permasalahan yang menjadi pengecualian opini Laporan Keuangan Pemerintah Kabupaten Lingga selalu berulang dan belum ada penyelesaiannya. Isman Rudy mengharapkan Bupati Lingga dan Wakil Bupati Lingga yang baru saja terpilih mempunyai komitmen untuk meningkatkan opini atas Laporan Keuangan Pemerintah Kabupaten Lingga menjadi Wajar Tanpa Pengecualian. Peningkatan opini tersebut dapat dilakukan jika Pemerintah Kabupaten Lingga menindaklanjuti secara efektif temuan BPK yang menjadi pengecualian tersebut, dan tidak terdapat permasalahan baru yang signifikan serta mengganggu kewajaran penyajian laporan keuangan.