SDM Unggul Indonesia Maju

Upacara peringatan HUT ke-74 Kemerdekaan RI Tahun 2019

Batam – Dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) ke-74 Kemerdekaan Republik Indonesia Tahun 2019, BPK Perwakilan Provinsi Kepulauan Riau mengadakan upacara yang dilaksanakan pada hari Sabtu, 17 Agustus 2019 pukul 08.00 di halaman kantor BPK Perwakilan Kepulauan Riau. Tema Peringatan HUT ke-74 Kemerdekaan Republik Indonesia Tahun 2019 adalah “SDM Unggul Indonesia Maju”. Makna SDM unggul menunjukkan semangat yang besar dari negara Indonesia untuk dapat membangun sumber daya manusia yang berkualitas. Makna Indonesia maju adalah Indonesia yang dapat berkompetisi di tingkat global, Indonesia yang rakyatnya sejahtera.

Sehubungan dengan pembangunan SDM unggul, BPK turut membangun SDM-nya dengan peningkatan kompetensi melalui inisiatif strategis talent pool pada Rencana Strategis BPK. SDM BPK yang unggul akan menghasilkan pemeriksaan yang berkualitas dan bermanfaat. Tata kelola keuangan yang semakin baik merupakan hasil dari SDM yang unggul. BPK harus membangun tekad untuk meningkatkan level kematangan organisasi menuju level foresight. Fungsi ini dapat dilakukan dengan pelaksanaan kewenangan pemberian pendapat BPK terkait dengan pemilihan kebijakan publik (setting policy) dalam program-program pembangunan sehingga keberadaan BPK dapat memberikan manfaat bagi rakyat Indonesia dan dunia internasional.

Dalam amanatnya, Inspektur Upacara juga menjelaskan upaya peningkatan peran BPK harus dilaksanakan melalui strategi pemeriksaan yang komprehensif dan mampu memberikan perbaikan berkelanjutan. Hal ini membutuhkan sinergi pada setiap elemen dalam organisasi ini dan kolaborasi dengan berbagai pihak yang mampu memberikan nilai tambah pada hasil pemeriksaan BPK. Peningkatan peranan tersebut juga harus didukung dengan penguatan kelembagaan organisasi BPK. BPK harus mampu mengelola sumber daya dan meningkatkan kapabilitas organisasi sehingga mampu menjadi lembaga pemeriksa yang leading by example.

Pada upacara tersebut juga diselenggarakan penganugerahan tanda kehormatan Satyalancana Karya Satya bagi para pegawai BPK yang telah bekerja dengan penuh kesetiaan dan pengabdian selama 10 tahun dan 20 tahun.