Hingga Februari, Progress Kegiatan APBD 2019 Kepri Baru 3 Persen

BATAMTODAY.COM, Tanjungpinang – Kepala Biro Administrasi Pembangunan Provinsi Kepri Aries Fhariandi mengatakan, secara umum progres realisasi fisik kegiatan APBD 2019 provinsi Kepri hingga Februari 2019 baru mencapai 3,23 persen dan progress realisasi keuangan 2,45 persen.

“Terkait belanja langsung yang telah masuk ke dalam Sistem Informasi Rencana Umum Pengadaan (Sirup), baru 85 persen yang telah terinput dari 41 OPD di lingkungan Pemprov Kepri,” ujarnya dalam rapat evaluasi rutin Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di Rupatama Lt 4, Kantor Gubernur Istana Kota Piring, Pulau Dompak, Tanjungpinang, Senin (25/2/2019).

Dalam rapat yang dipimpin Gubernur Kepri, Nurdin Basirun, dan dihadiri wakil gubernur Isidanto, serta Sekda Kepri TS Arif Fadillah itu, Aries memaparkan, untuk proses lelang kegiatan, terdapat 76 paket proyek-proyek strategis yang ada di 11 OPD untuk tahun 2019. Namun hingga saat ini, baru 5 paket kegiatan proyek yang telah masuk ke Biro Layanan Pengadaan untuk dilakukan proses lelang.

“Untuk mencapai 100 persen balance pada Sirup dan progres percepatan lelang kegiatan strategis, diharapkan OPD dapat segera menyelesaikan proses administrasinya,” ujar Aries.

Menanggapi hal itu, Gubernur Provionsi Kepri Nurdin kembali mengajak semua Kepala OPD beserta jajarannya, untuk tidak memperlambat ritme dalam menjalankan setiap progres pekerjaan, kerja cepat dan teliti sangat dibutuhkan agar pencapaian tujuan dapat tepat sasaran.

“Jangan sampai di penghujung tahun kita kalang kabut dan menyebabkan kelalaian dan kesalahan pengerjaan, ini yang harus kita hindari,” pinta Nurdin.

Apalagi pekerjaan strategis yang langsung bersentuhan dengan masyarakat, tentunya sangat penting untuk segera menampakan hasil terutama pergerakannya harus mulai muncul. Selain, kegiatan pokok dan rutin yang harus diselesaikan tiap tahunnya.

Sementara itu, Wakil Gubernur Isdianto, mengajak semua Kepala OPD terus membangun komunikasi yang positiif dilingkungan kerja, dengan semua pegawai diberbagai jenjang serta dilintas OPD. Semua diharapkan semakin menguatkan kebersamaan dan kekompakan.

“Kalau kita bersatu tentu akan kuat. Apapun pekerjaan yang kita niatkan dengan sungguh-sungguh pasti selesai, apapun kendala dan halangan kita cari solusi bersama,” lanjut Isdianto.

Di tempat yang sama, Sekretaris Daerah (Sekda) provinsi Kepri H TS Arif Fadillah, juga menghimbau seluruh pejabat yang langsung berperan dalam meyelesaikan tahapan pekerjaan terutama proyek strategis agar dapat pro aktif.

“Agar denyut nadi pekerjaan dapat terlihat, apalagi kegiatan fisik dilihat langsung oleh masyarakat,” pungkasnya.

Oleh : Charles Sitompul

Editor: Chandra

Sumber: www.batamtoday.com