Forum Manajer IKU Semester I 2017 di BPK Kepri

Batam – Sebagai penunjuk arah dan strategi dalam mencapai visi dan misi BPK, telah ditetapkan Rencana Strategis (Renstra) BPK Tahun 2016-2020, yang salah satu implementasinya berupa pembentukan Sistem Manajemen Kinerja (SIMAK). SIMAK ini membantu untuk menerjemahkan visi dan strategi BPK ke dalam sejumlah Indikator Kerja Utama (IKU) dan Sasaran Strategis pada level Badan, Eselon I, maupun satuan kerja.

Untuk melaksanakan dan memenuhi IKU tersebut, dilakukan pengukuran dan pemantauan sebagai upaya untuk penyelarasan dan penyempurnaan berkelanjutan atas strategi yang telah ditetapkan, yaitu salah satunya melalui kegiatan Forum Manajer IKU (FMI). Kegiatan wajib untuk para Manajer IKU yang diadakan pada setiap semester ini mengumpulkan seluruh Manajer IKU dari setiap satuan kerja yang ada di BPK.

Kegiatan FMI untuk Semester I Tahun 2017 diselenggarakan oleh Direktorat Perencanaan Strategis dan Manajemen Kinerja (PSMK) bekerja sama dengan BPK Perwakilan Provinsi Kepulauan Riau di Auditorum Kantor BPK Perwakilan Provinsi Kepulauan Riau.

Dibuka oleh Kepala Direktorat PSMK, Dali Mulkana, serta dihadiri oleh Inspektur Pemerolehan Keyakinan Mutu Pemeriksaan, Bernardus Dwita Pradana, dan Inspektur Pemeriksaan Internal dan Mutu Kelembagaan, Maulana Ginting, acara berlangsung selama dua hari pada 13-14 September 2017.

Dalam pembukaan acara, Dali Mulkana menyampaikan harapannya bahwa kegiatan rutin FMI ini dapat meningkatkan kinerja setiap satuan kerja yang ada di BPK. Senada dengan hal itu, Kepala Perwakilan Provinsi Kepulauan Riau, Joko Agus Setyono, dalam sambutannya sebagai tuan rumah, menyampaikan bahwa permasalahan yang dihadapi dalam pencapaian kinerja pada masing-masing satuan kerja tentunya berbeda-beda, sehingga diharapkan dengan adanya kegiatan FMI, dapat memberikan masukan-masukan berharga dalam mengatasi permasalahan yang ditemui dalam pencapaian kinerja BPK. (eR)