November, Dua Jembatan di Jodah dan Nagoya Selesai

BATAM, POSMETRO.CO: Pengerjaan dua jembatan di kawasan Nagoya-Jodoh yang menghubungkan antara jalan depan Hotel Allium dan Komplek Business Center dijadwalkan akan rampung November mendatang.

“Kalau depan Allium atau sungai jodoh I progesnya sudah sampai 60 persen. Nah, yang sungai Jodoh II atau kawasan bussiness, sekitar 45 persen,” ujar Yumasnur, Kepala Dinas Bina Marga dan Sumber Daya Air, Sabtu (26/8).

Untuk kedua jembatan ini Pemko Batam menggelontorkan dana dari Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) sebesar Rp16 miliar lebih. Jembatan ini diperuntuhkan bagi pengendara roda dua maupun empat bukan orang. Sebelum dibangun jalan ini menghubungkan dua kawasan yang dipisah adanya drainase selebar 12 meter.

Selain jembatan yang ditinggikan dari ukuran semula. Jalan pelintas di sekitar jembatan juga ditinggikan sesuai dengan alinyemen vertikal atau pemotongan bidang jalannnya. Hal ini dilakukan untuk mengantisipasi luapan air ke jalan saat turun hujan

“Kalau tidak dinaikkan bisa banjir nanti. Penyesuaiannya level harus disesuaikan baik posisi jembatan dan jalannya,” jelas pria yang akrab di sapa Yu itu.

Seperti diketahui, kawasan ini kerap dilanda banjir saat hujan. Salah satu faktor penyebabnya yakni penyempitan aliran drainase yang tidak dapat menampung curah air.

Sementara itu Walikota Batam Muhammad Rudi optimis pengerjaan kedua jembatan penghubung tersebut akan selesai tepat waktu. “Sesuai masa proyeknya November nanti selesai,” katanya.(hbb)

Sumber: Posmetro.co