BPK Segera Periksa Aset Pemerintah Se-Kepri

 BPK Segera Periksa Aset Pemerintahan se-Kepri, Batam 15 Agustus 2014 (Batam Pos)-page-001 (1)

Sumber berita : Batam Pos, 15 Agustus 2014 halaman 1

Catatan : beberapa ketentuan yang menagtur mengenai asset/barang milik daerah adalah:

1. Undang-Undang Nomor 32 Tahun 2004 tentang Pemerintahan Daerah Pasal 178

(1) Barang milik daerah yang dipergunakan untuk melayani kepentingan umum tidak dapat dijual, diserahkan haknya kepada pihak lain, dijadikan tanggungan, atau digadaikan sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan.

(2)  Barang milik daerah dapat dihapuskan dari daftar inventaris barang  daerah untuk dijual, dihibahkan, dan/atau dimusnahkan sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan.

(3) Pelaksanaan pengadaan barang dilakukan sesuai dengan kemampuan keuangan dan kebutuhan daerah berdasarkan prinsip efisiensi, efektivitas, dan transparansi dengan mengutamakan produk dalam negeri sesuai dengan peraturan perundang-undangan.

(4) Pelaksanaan penghapusan sebagaimana dimaksud pada ayat (2) dilakukan berdasarkan kebutuhan daerah, mutu barang, usia pakai, dan nilai ekonomis yang dilakukan secara transparan sesuai dengan peraturan perundang-undangan.

Aturan yang secara khusus mengatur menenai barang daerah adalah Peraturan Pemerintah Nomor  6 Tahun  2006 tentang Pengelolaan Barang Daerah Pasal 33;

(1) Barang milik negara/daerah berupa tanah harus disertifikatkan atas nama Pemerintah Republik Indonesia/pemerintah daerah yang bersangkutan.

(2)   Barang milik negara/daerah berupa bangunan harus dilengkapi dengan bukti kepemilikan atas nama Pemerintah Republik Indonesia/pemerintah daerah yang bersangkutan.

(3)  Barang milik negara selain tanah dan/atau bangunan harus dilengkapi dengan bukti kepemilikan atas nama pengguna barang.

(4)  Barang milik daerah selain tanah dan/atau bangunan harus dilengkapi dengan bukti kepemilikan atas nama pemerintah daerah yang bersangkutan.