Pemerintah Bangun Pelabuhan Tanjung Sauh

Pemerintah akan membangun pelabuhan Tanjung Sauh, Nongsa, Batam. Pelabuhan Tanjung Sauh akan diintegrasikan dengan Kawasan Industri Tanjung Sauh. Kawasan Industri ini menjadi salah satu Proyek Strategis Nasional (PSN) dari 24 Kawasan Industri yang tersebar di seluruh wilayah Indonesia.

Rencana pembangunan Pelabuhan Tanjung Sauh terungkap saat rapat koordinasi Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi dengan sejumlah unit pelaksana teknis (UPT) yang ada di Batam, Kepulauan Riau, Sabtu (8/7/2023). Kawasan Industri Tanjung Sauh Batam masuk dalam 10 proyek strategis nasional (PSN). Selain Tanjung Sauh, Kawasan Industri Pulau Ladi juga masuk dalam PSN.

Pemerintah telah menetapkan 10 PSN baru yakni Pembangunan Pelabuhan Terminal Peti Kemas Muaro Jambi (Jambi), Kawasan Industri Tanjung Sauh (Kepulauan Riau), Kawasan Industri Indonesia Pomalaa Industry Park (Sulawesi Tenggara), dan Kawasan Industri Pulau Ladi (Kepulauan Riau). Dengan penambahan ini, saat ini total jumlah PSN sebanyak 210 proyek dan 12 program dengan estimasi total nilai investasi Rp5.746,4 triliun.

Menhub mengatakan, penataan dan pengembangan pelabuhan di Batam dan daerah sekitarnya harus terus dilakukan agar keberadaannya lebih optimal dan berdaya saing. Jika ini dilakukan dengan konsisten, tidak hanya dapat meningkatkan potensi Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBP) yang seharusnya diperoleh negara, tetapi juga dapat mengatasi masalah ilegal ekspor batubara dan hasil bumi lainnya.

[Berita selengkapnya klik disini]